Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Soal ANBK MI SD MTS SMP MA SMA SMK

santripendidikan.com - Kumpulan Soal ANBK MI-SD, MTS-SMP, MA-SMA-SMK terdiri atas AKM Literasi membaca, Survei Karakter, AKM Numerasi, dan Survei Lingkungan Belajar.

Kumpulan Soal ANBK MI SD MTS SMP MA SMA SMK

Soal ANBK berbentuk soal Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Menjodohkan, Isian Singkat, dan uraian. Sedangkan Komponen Soal AKM terdiri atas konten, level kognitif, dan konteks dengan rincian sebagai berikut:

Aspek

Literasi Membaca

Numerasi

Konten

Teks Sastra/Fiksi dan Teks Informasi

Bilangan, Aljabar, Geometri dan Pengukuran, Data dan Ketidakpastian

Level Kognitif

Menemukan informasi

Pemahaman

Menafsirkan dan mengintegrasikan

Aplikasi

Mengevaluasi dan merefleksi

Penalaran

Konteks

Personal, Sosial Budaya, Saintifik

Personal, Sosial Budaya, Saintifik


 Soal ANBK Literasi Membaca

Soal Literasi Membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Soal ANBK Numerasi

Soal Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Soal ANBK Survei Karakter

Soal Survei Karakter adalah pengukuran terhadap sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) berdasarkan enam aspek Profil Pelajar Pancasila.

Hasil belajar nonkognitif peserta didik yang diukur dalam Survei Karakter adalah sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) pada enam aspek Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia; bernalar kritis; mandiri; kreatif; bergotong royong; dan berkebinekaan global.

Soal ANBK Survei Lingkungan Belajar

Soal Survei Lingkungan Belajar adalah pengukuran kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran pada satuan pendidikan.

Survei Lingkungan Belajar mengukur iklim keamanan, iklim inklusivitas dan kebinekaan, dan kualitas pembelajaran pada satuan pendidikan.

Kategori Pencapaian AKM Literasi Membaca dan Numerasi

Kategori pencapaian kompetensi peserta didik berdasarkan hasil AKM Literasi Membaca dan Numerasi dikelompokkan sebagai berikut:

1.   Perlu Intervensi Khusus, jika peserta didik hanya memiliki pengetahuan yang masih terbatas, belum memahami konsep dasar, dan belum memiliki kemampuan untuk membuat interpretasi terhadap persoalan yang diberikan;

2.  Dasar, jika peserta didik sudah memiliki pengetahuan dan konsep dasar, memahami permasalahan yang diberikan, mampu membuat interpretasi sederhana, dan mampu menyelesaikan masalah yang sederhana;

3.  Cakap, jika peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan konsep dasar yang dimiliki dalam konteks yang beragam, mampu membuat interpretasi dari informasi yang implisit, menyelesaikan masalah yang lebih kompleks, dan mampu membuat kesimpulan; atau

4.  Mahir, jika peserta didik mampu mengintegrasikan beberapa konsep untuk memecahkan masalah, mampu bernalar untuk memecahkan masalah kompleks serta non rutin.

Hasil AKM Literasi Membaca

Informasi yang dihasilkan dari AKM Literasi Membaca merupakan rata- rata skor literasi murid serta persentase peserta didik yang memiliki tingkat literasi membaca minimum kategori Cakap.

Hasil AKM Numerasi

Informasi yang dihasilkan dari AKM Numerasi merupakan rata-rata skor numerasi murid serta persentase peserta didik yang memiliki tingkat numerasi minimum kategori Cakap.

Hasil Survei Karakter

Informasi yang dihasilkan dari Survei Karakter merupakan rata-rata indeks karakter peserta didik yang menggambarkan enam aspek dari profil pelajar Pancasila, yaitu:

1.   beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia;

2.   berkebinekaan global;

3.   bergotong royong;

4.   mandiri;

5.   bernalar kritis; dan

6.   kreatif.

Hasil Survei Lingkungan Belajar

Informasi yang dihasilkan dari Survei Lingkungan Belajar merupakan indeks satuan pendidikan untuk iklim keamanan, indeks  inklusivitas dan kebinekaan, dan indeks kualitas pembelajaran.

Download Soal ANBK MI-SD, MTS-SMP, MA-SMA-SMK

Soal ANBK MI-SD

Soal ANBK MTS-SMP

Soal ANBK MA-SMA-SMK

Demikian informasi tentang Kumpulan Soal ANBK MI-SD, MTS-SMP, MA-SMA-SMK. Semoga bermanfaat.

PERHATIAN

Berlangganan informasi seputar madrasah, silahkan masuk Grup Santri Pendidikan

Posting Komentar untuk "Kumpulan Soal ANBK MI SD MTS SMP MA SMA SMK"