Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal AKMI Madrasah Aliyah

santripendidikan.com - Siswa kelas XI (sebelas) disarankan mengerjakan contoh Soal AKMI Madrasah Aliyah yang referensinya dari arsip kemenag.

Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) peserta didik merupakan isu penting dan mendesak yang diperlukan madrasah di Indonesia saat ini. AKMI sebagai asesmen yang komprehensif dengan sasaran untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya pada jenjang MI, MTs dan MA.

Hasil asesmen akan digunakan oleh guru dan madrasah sebagai sarana untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Melalui AKMI, seluruh civitas madrasah diajak membuka paradigma dalam penguatan pembelajaran berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir atau bernalar, sehingga para lulusan madrasah memiliki keterampilan lebih tinggi dalam memecahkan masalah-masalah berbasis saintifik dan bersifat humanis.

Soal AKMI Madrasah Aliyah

Mari kita sukseskan penyelenggaraan asesmen dengan mempersiapkan peserta AKMI dengan sebaik-baiknya.

Bentuk soal AKMI bersifat objektif yang memuat Soal Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, menjodohkan, dan isian singkat. Sedangkan komponennya terdiri atas konten, proses kognitif, dan konteks.

Contoh Soal AKMI Madrasah Aliyah

Bendi diberi tugas untuk mengumpulkan sumbangan dalam rangka membantu biaya perawatan teman sekelasnya yang sedang sakit. Akan tetapi, pada waktu yang bersamaan, ibunya belum memiliki uang untuk membayar sewa rumah yang hari itu juga harus dibayarkan.

Tindakan yang sebaiknya dilakukan Bendi adalah ….

Pak Tino adalah guru olahraga di SMP Kebangsaan. Di sekolah tersebut hanya ada satu lapangan yang digunakan untuk olahraga Bola Voli dan Basket. Suatu hari, tim basket meminta izin untuk menggunakan lapangan tersebut karena harus berlatih untuk meghadapi turnamen keesokan harinya. Namun hari itu merupakan jadwal latihan tim Bola Voli.

Tindakan yang seharusnya dilakukan oleh Pak Tino adalah ….

Cindy diajak temannya untuk datang pada acara jumpa fans artis idolanya, tetapi waktunya bertepatan jadwal bimbingn belajar. Cindy sudah memiliki kesepakatan dengan orangtuanya untuk tidak bolos.

Tindakan yang sebaiknya dilakukan Cindy adalah ….

Download Soal AKMI Madrasah Aliyah

Silahkan unduh soal dengan lengkap pada tautan dibawah!

Soal AKMI MA 1

Soal AKMI MA 2

Demikian informasi tentang Soal AKMI Madrasah Aliyah Tahun 2022. Semoga bermanfaat.

PERHATIAN

Berlangganan informasi seputar madrasah, silahkan masuk Grup Madrasah

Posting Komentar untuk "Soal AKMI Madrasah Aliyah"